Cara Pembatalan Tiket Kereta dan Refund TiketKAI

Cara pembatalan tiket kereta TiketKAI

Seringkali terjadi pada para traveler, sudah rencanakan perjalanan dan beli tiket kereta tiba-tiba harus membatalkan perjalanan karena faktor lain.

Bepergian ke luar kota dengan menggunakan kereta api, entah untuk liburan atau perjalanan bisnis, memang sungguh menyenangkan. Selain praktis dan cepat, naik kereta juga sekarang jauh lebih nyaman dan hemat biaya. Harga tiket kereta lebih murah dibandingkan tiket pesawat dan fasilitas di kereta tidak kalah dengan pesawat bahkan lebih nyaman.

Namun, kalau mendadak harus batal pergi, tentunya kamu harus melakukan pembatalan tiket kereta api. Nah, kamu sudah tahu belum cara pembatalan tiket kereta api yang bisa membuatmu mendapatkan refund tiket kereta?

Baca lebih lengkap di bawah untuk cara pembatalan tiket kereta dan mendapatkan refund. Sebelumnya kamu perlu tahu ada dua kondisi, yaitu untuk membatalkan tiket atau ganti jadwal.

Syarat dan ketentuan untuk pembatalan tiket dan ganti jadwal sebagai berikut:

  • Pembatalan tiket maksimal 30 menit sebelum keberangkatan, bila melewati waktu keberangkatan maka refund hangus.
  • Jumlah refund yang diterima sebesar 75% dari harga tiket.
  • Nominal refund akan diterima di rekening atau diambil langsung di stasiun minimal 30 x 24 jam setelah pengajuan pembatalan.
  • Bila kamu melakukan ganti jadwal, maka harus cek jadwal tersedia, bila harga tiket ganti jadwal dibawah harga sebelumnya maka kamu tidak akan dapat refund, bila harga tiket diatas harga tiket semula, maka kamu harus menambah selisih biaya tiket.
  • Perubahan jadwal maksimal 1 jam sebelum keberangkatan.
  • Syarat pembatalan tiket kereta api yang perlu kamu siapkan ke stasiun pembatalan tiket adalah kode booking, identitas asli, dan fotokopi identitas tersebut.
  • Sertakan surat kuasa pembatalan tiket kereta api yang bertanda tangan di atas materai bila kamu diwakilkan orang lain.
  • Refund pembatalan tiket dapat ditransfer atau ambil tunai di stasiun pembatalan.
  • Bila dalam waktu 45 hari sejak pembatalan tiket, dana belum ditransfer segera hubungi CS KAI Pusat melalui contact center 121 (021 121).
  • Bila dalam waktu 3 tahun biaya refund tiket tidak diambil maka menjadi milik PT KAI.

Cara pembatalan tiket kereta

1. Datangi stasiun

Kamu harus mendatangi stasiun pembatalan tiket kereta api. Setiap proses pembatalan tiket kereta api dan cara refund tiket kereta api, semuanya hanya bisa dilakukan secara langsung lewat PT KAI.

Daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta api, yaitu:

DAOP 1 Jakarta: Stasiun Jakartakota, Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek, Stasiun Serang, Stasiun Rangkasbitung.

DAOP 2 Bandung: Stasiun Bandung, Stasiun Purwakarta, Stasiun Banjar, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Kiaracondong.

DAOP 3 Cirebon: Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, Stasiun Jatibarang.

DAOP 4 Semarang: Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Cepu, Stasiun Semarangponcol. Stasiun Semarangtawang, Stasiun Bojonegoro.

DAOP 5 Purwokerto: Stasiun Purwokerto, Stasiun Cilacap, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo.

DAOP 6 Yogyakarta: Stasiun Yogyakarta (Stasiun Tugu), Stasiun Lempuyangan, Stasiun Solo Balapan.

DAOP 7 Madiun: Stasiun Madiun, Stasun Kediri, Stasiun Jombang, Stasiun Kertosono.

DAOP 8 Surabaya: Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Sidoarjo, Stasiun Malang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Blitar.

DAOP 9 Jember: Stasiun Jember, Stasiun Probolinggo, Stasiun Pasuruan, Stasiun Banyuwangi Baru, Stasiun Kalibaru, Stasiun Jember, Stasiun Probolinggo, dan Stasiun Pasuruan.

DIVRE I Sumatera Utara: Stasiun Medan, Stasiun Tebingtinggi, Stasiun Siantar, Stasiun Tanjung Balai, Stasiun Kisaran Ranntauprapat.

DIVRE II Sumatera Barat: Stasiun Padang

DIVRE III Sumatera Selatan: Stasiun Prabumulih, Stasiun Kertapati, Stasiun Lubuklinggau, Stasiun Baturaja, Stasiun Tanjungkarang, dan Stasiun Kotabumi.

2. Isi formulir

Datangi bagian customer service di stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta di atas yang dekat dengan tempat tinggalmu. Customer Service akan berikan formulir pembatalan tiket kereta api & diarahkan ke loket khusus untuk mengajukan pembatalan tiket kereta api. Jangan malu buat bertanya dulu pada Customer Service di stasiun pembatalan tiket kereta api agar syarat pembatalan tiket kereta apimu lengkap.

Lengkapi data penumpang dengan mengisi formulir pembatalan tiket kereta api. Formulir pembatalan tiket kereta api ini terdiri dari dua rangkap formulir, yang satu adalah data tiket, sedangkan yang rangkap satunya adalah data penumpang. Formulir ini adalah syarat pembatalan tiket kereta api yang harus kamu isi secara lengkap.

Bentuk formulir pembatalan/ganti jadwal

formulir pembatalan kereta
  • Masukkan nama lengkap, alamat dan no telepon.
  • Pilih pembatalan tiket atau ganti jadwal
  • Tulis kode booking yang dibeli di TiketKAI
  • Bila kamu ganti jadwal, isi nama KA, asal stasiun, tujuan, pilih kelas kereta, masukkan tanggal dan jam baru.
  • Pilih cara pembayaran refund tiket, transfer rekening atau ambil langsung di stasiun beserta tanggal pengembalian.
  • Jumlah bea pengembalian akan diisi oleh petugas

3. Refund tiket

Bila kamu memilih refund tiket kereta dengan cara ditransfer ke rekening, maka dana refund akan ditransfer 30 hari setelah pembatalan tiket (30×24 jam).

Bila kamu memilih pengembalian tiket kereta secara tunai, kamu dapat mengambil di stasiun yang telah ditentukan dengan membawa formulir yang telah divalidasi dan membawa bukti identitas.

Bila formulir pembatalan kereta api hilang, kamu harus menyertakan surat kehilangan dari kepolisian.

Ingat ya, dana refund yang diterima dikurangi 25%, jadi pengembalian senilai 75% dari harga tiket (diluar admin pembelian)