Dua Stasiun di Banyuwangi ini Bakal Berganti Nama

Nama Dua Stasiun di Banyuwangi Bakal Berganti

Untuk mempermudah wisatawan yang datang ke Banyuwangi dengan Kereta Api, PT KAI Daop 9 Jember berencana merubah nama Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota. Pergantian direncanakan pada awal Desember 2019 mendatang.

Perubahan nama ini disepakati setelah Pemerintah Kabupaten Banyuwangi bertemu dengan PT KAI Daop 9 di Lounge Pemkab Banyuwangi, Pemkab sebelumnya mengajukan pergantian nama tersebut pada bulan Maret 2019 lalu.

“Atas usulan Pemkab Banyuwangi akhirnya PT KAI menyetujui perubahan ini. Nama Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota. Sementara Stasiun Banyuwangi Baru dirubah namanya menjadi Stasiun Ketapang,” kata Luqman Arief, Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember

“Ini sekaligus dengan perubahan grafik perjalanan baru, mengingat kedua stasiun tersebut sudah berganti nama,” tambahnya.

Perubahan nama tersebut, kata Lukman, guna mempermudah wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Banyuwangi. Sebab, selama ini masih banyak masyarakat dari luar Banyuwangi yang kebingungan sehingga mereka turun di Stasiun Banyuwangi Baru Ketapang.

“Banyak yang bingung, akhirnya banyak yang turun di Stasiun Banyuwangi Baru. Padahal mereka inginnya ke Banyuwangi Kota,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut baik inisiatif PT KAI atas perubahan nama Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota.

Menurut Bupati Anas, momen perubahan nama ini seyogyanya juga ada perubahan konsep bangunan stasiun. Sebab saat ini beberapa bangunan dan fasilitas umum di Banyuwangi sudah berkonsep khas Suku Using.

Ditambahkan Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi, Ali Ruchi adanya perubahan nama ini membuat akses ke Banyuwangi semakin mudah. Pemkab Banyuwangi bakal menyempurnakan pergantian nama ini dengan melakukan pembenahan-pembenahan, baik design Stasiun maupun infrastruktur penunjang.

“Rencananya dalam PAK (Perubahan Alokasi Keuangan) kita usulkan untuk perluasan jalan menuju Stasiun. Juga penambahan fasilitas pendukung lainnya,” jelasnya.

Sementara untuk desain bangunan stasiun, kata Ali Ruchi, PT KAI Daop 9 Jember sudah membuat desain yang disesuaikan kearifan lokal.

“Untuk anggaran dan pelaksanaanya menjadi kewenangan PT KAI, kita hanya menyiapkan infrastruktur penunjangnya,” tambahnya.

Ali Ruchi berharap perubahan nama Stasiun Karangasem menjadi Stasiun Banyuwangi Kota dapat berbanding lurus dengan kunjungan wisatawan ke Kota Gandrung.

Source from : detik

 

 

Dig

Back to top