Mengenal Dua Kereta Mewah KAI, Priority dan Luxury

Secara umum ada tiga kelas kereta api yang sudah dikenal, yaitu ekonomi, bisnis dan eksekutif. Kereta ekonomi dan bisnis pelan-pelan mulai diganti menjadi ekonomi premium. Dan kereta eksekutif ada penambahan kelas yang tergolong mewah.

Kereta eksekutif bertambah kelas dengan adanya jenis priority dan luxury, masing-masing punya fasilitas dan kelebihan masing-masing. Kereta priority dikelola oleh PT Kereta Api Pariwisata dan luxury oleh PT KAI. Kereta luxury seringkali disebut dengan sleeper train.

Kereta Priority

Ingin menjajal kereta yang menjanjikan kenyamanan lebih dari kelas eksekutif? Bisa. Sekarang ada Kereta Api (KA) Priority yang memberi penumpang layanan bintang lima ala tamu kepresidenan.

Kereta priority yang dikelola oleh PT Kereta Api Pariwisata sebelumnya dijual secara sewa khusus satu gerbong, kini dapat dibeli tiket per seat nya secara perorangan dengan beragam fasilitas didalamnya. Dalam satu gerbong kereta priority terdapat 28 seat saja.

Yang membedakan KA priority dengan luxury adalah kelas priority punya mini bar yang tidak ada di luxury. Selain itu fasilitas lain dalam KA priority antara lain:

  1. Kursi lebar, empuk disertai selimut dan bantal mungil. Formasi tempat duduk seat 2–2, ada leg rest reclining bisa direbahkan walaupun tidak hingga 170 derajat.
  2. Di tiap kursi, tersedia Audio Video On Demand (AVOD) dengan LCD TV layar sentuh untuk menonton film dan mendengar musik. Tapi headsetnya bawa sendiri yah. Selain itu ada juga meja dan colokan listriknya.
  3. Toilet kering yang disediakan juga berdesain mewah, bersih dan nyaman. Di dalamnya terdapat wastafel dengan kaca besar dan pengering, juga kloset duduk dan pancuran air.
  4. Mini bar yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Mendapatkan roti, snack, teh, dan kopi.
  5. Tempat bagasi. Masing masing dapat membawa sebanyak 20 kg. Bisa juga barang-barang diletakkan di kompartemen atas kayak di pesawat.
  6. Koran
  7. Pramugari/pramugara yang stanby memenuhi kebutuhan kita.

Kamu bisa beli tiket kereta priority di TiketKAI. Kereta yang mempunyai kelas priority antara lain:
Sembrani Priority, Surabaya Pasarturi-Gambir (PP)
Argo Muria Priority, Semarang Tawang-Gambir (PP)
Argo Parahyangan Priority, Bandung-Gambir (PP)
Argo Wilis Priority, Yogyakarta-Bandung-Gambir (PP) – perjalanan tertentu.

Kereta Luxury

Kereta luxury adalah kelas tertinggi dari KAI, kapasitas satu gerbong hanya 18 penumpang. Perbedaan paling signifikan terlihat dari bentuk kursi yang menyerupai kursi kelas bisnis pesawat. Kursinya memiliki partisi sehingga memberikan suasana lebih privat dan dapat direbahkan sampai sudut 150 derajat dengan tombol otomatis. Busanya empuk sehingga selama perjalanan penumpang dapat istirahat lebih maksimal dengan tubuh yang direbahkan.

Fasilitas yang dberikan adalah hiburan yang dapat dinikmati pribadi seperti televisi 12 inci layar sentuh dan earphone, colokan listrik universal, dan USB charger. Juga makan dua kali dalam perjalanan, minum dan camilan.

Kamu juga bisa beli tiket kereta luxury di TiketKAI. Kereta yang mempunyai kelas luxury antara lain:
Argo Bromo Anggrek Luxury, Surabaya Pasarturi-Gambir (PP)
Taksaka Luxury, Yogyakarta-Gambir (PP)
Argo Lawu Luxury, Solo-Yogyakarta-Gambir (PP)
Argo Dwipangga Luxury, Solo-Yogyakarta-Gambir (PP)
Gajayana Luxury, Malang-Solo-Gambir (PP)

Nah, kalo kamu ingin perjalanan berkelas dan mendapatkan rasa super nyaman, pesanlah kereta priority atau luxury di TiketKAI, namun perlu diingat kalau seat-nya terbatas ya.