Ini Syarat Terbaru Naik Kereta Api Jarak Saat PPKM Darurat

Update Persyaratan Perjalanan Kereta Api Dimasa PPKM Darurat Juli 2021

Sesuai dengan SE No. 14 Tahun 2021 Satgas Penanganan COVID-19, tanggal 2 Juli 2021, tentang perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi COVID-19 dan SE No. 42 Tahun 2021 Kementrian Perhubungan, tanggal 2 Juli 2021, tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi perkeretaapian pada masa pandemi COVID 19

Berikut adalah syarat penumpang KA jarak jauh untuk pulau Jawa & Sumatera:

  1. Wajib melampirkan surat negatif test Antigen berlaku 1×24 jam atau Surat negatif test PCR yang berlaku 2×24 jam sebelum keberangkatan kereta api.
  2. Wajib menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama (fisik atau digital) untuk perjalanan KA di pulau Jawa. Kecuali bagi penumpang umur 18 tahun tidak wajib menunjukkan sertifikat vaksin.
  3. GeNose test tidak diberlakukan lagi. Selama PPKM test GeNose tidak diberlakukan sebagai syarat perjalanan kereta api jarak jauh.
  4. Bagi penumpang dibawah umur 5 tahun tidak diwajibkan untuk test PCR atau rapid Antigen
  5. Penumpang dengan kepentingaan khusus yang tidak / belum divaksin dengan alasan medis berdasarkan keterangan dari dokter spesialis dapat menggunakan Antigen / RT PCR
  6. Wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan,yaitu memakai masker,menjaga jarak dan mencuci tangan (3m).
  7. Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung pada saat selama perjalanan.
  8. Tidak diperkenankan untuk makan dan minum pada saat selama perjalanan yang kurang dari 2 (dua) jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.
  9. Ketentuan ini berlaku efektif mulai tanggal 05 Juli s.d 20 Juli 2021.
  10. Syarat ketentuan pembatalan bagi calon penumpang yang tidak memiliki atau tidak dapat menunjukkan rapid test antigen dengan hasil negatif dapat dilakukan sampai dengan 7 (tujuh) hari dari tanggal yang tertera pada tiket.

Yuk patuhi protokol kesehatan penumpang kereta api biar lebih aman dan nyaman. update harga tiket kereta api di https://www.TiketKai.com

 

Digda Suyudi

Back to top