Syarat Naik Kereta Api Terbaru September 2021

Cek Syarat Sebelum Berangkat!

Adanya PPKM Darurat membuat kebijakan berubah untuk bisa naik kereta api jarak jauh. Sebelum Anda pesan tiket kereta, sebaiknya anda ketahui syarat naik kereta api terbaru ini:

1. Tunjukkan surat keterangan bebas COVID-19 dari hasil tes rapid antigen maksimal H-1

Untuk perjalanan kereta api jarak jauh berlaku ketentuan syarat naik KA sebagai berikut:

Wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif COVID-19 dari rapid antigen maksimal 1×24 jam atau PCR maksimal 2×24 jam sebelum waktu keberangkatan.

Petugas akan memeriksa syarat dokumen wajib tersebut saat Anda tiba di stasiun jelang keberangkatan.

2. Penumpang KA wajib menunjukkan kartu/sertifikat vaksin minimal 1 dosis

Penumpang kereta api di Pulau Jawa wajib menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin (minimal 1 dosis) agar dapat berangkat naik kereta api.

Bagi penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

3. Perjalanan dikhususkan bagi penumpang berusia di atas 12 tahun

Per 13 Agustus 2021, pelanggan berusia di bawah 12 tahun untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan dengan kereta api.

4. Penumpang dalam kondisi sehat

Penumpang kereta api harus dalam kondisi sehat saat akan berangkat dan tidak menderita flu, batuk, atau demam. Suhu tubuh juga akan dicek oleh petugas dan tidak boleh melebihi batas 37,3 derajat Celcius.

5. Mengenakan jaket atau pakaian lengan panjang

Setiap penumpang kereta api diharapkan untuk mengenakan pakaian pelindung, seperti baju lengan panjang maupun jaket.

6. Wajib menggunakan masker

Penumpang kereta api wajib menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis menutupi hidung dan mulut.Saat di dalam perjalanan kereta api.

7. Tidak berbicara satu arah maupun dua arah selama perjalanan

Penumpang kereta api tidak diperkenankan berbicara satu arah maupun dua arah dengan penumpang lainnya atau melalui telepon.

8. Dilarang makan atau minum pada perjalanan kereta api kurang dari dua jam

Para penumpang kereta api tidak diperkenankan makan atau minum pada perjalanan yang kurang dari 2 (dua) jam, terkecuali bagi individu yang harus mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam rangka pengobatan.

9. Datang lebih awal ke stasiun

Untuk menghindari keterlambatan jadwal kereta, sebaiknya berangkat lebih awal.

Untuk pemesananan tiket kereta api lebih mudah, dan aman anda bisa gunakan aplikasi TiketKAI yang memudahkan anda dalam melakukan pesan tiket kereta.

 

Ahmad Mujtahidin

Back to top