Tips Beli Tiket Kereta Mudik Lebaran

Mudik lebaran sudah menjadi tradisi penduduk Indonesia yang berada di perantauan untuk pulang ke kampung halaman. Macam-macam transportasi digunakan hanya demi mudik, salah satunya kereta api.

Kereta api di Indonesia punya jadwal dan relasi yang sudah ditentukan dan menurut data, jumlah penumpang kereta api selama mudik lebaran 2019 mencapai 6.810.407 orang.
Dari tahun ke tahun jumlah penumpang meningkat, selain faktor penambahan kereta selama lebaran juga mulai banyaknya pengguna pesawat beralih ke transportasi kereta api.

Nah, karena pembelian tiket kereta api mudik lebaran dibuka mulai tanggal 14 Februari untuk keberangkatan mulai 14 Mei (H-10 Lebaran), kamu bakal berebut dengan lebih dari 5 juta pengguna kereta mudik lebaran. (Baca jadwal pembelian tiket kereta lebaran disini Kabar Gembira, Pemesanan Tiket Lebaran Mulai 14 Februari)

Nah, agar kamu bisa mendapatkan tiket kereta yang dicari, TiketKAI berikan tips beli tiket kereta mudik lebaran, supaya calon penumpang bisa mendapatkan tiket sesuai hari dan jam keberangkatan yang diinginkan.

1. Simpan Rute Favorit

rute favorit kereta api

Di aplikasi TiketKAI bisa menyimpan rute favorit tanpa harus mulai pencarian dari awal, hanya tentukan tanggal dan lakukan pencarian sehingga lebih cepat. Setelah login di TiketKAI pilih menu Rute Favorit. Tentukan stasiun asal dan tujuan dan simpan. Kamu dapat menyimpan hingga 5 rute favorit.

2. Rencanakan perjalanan dengan memilih jadwal dan kereta yang tepat

Ada banyak pilihan kereta untuk mudik lebaran termasuk kereta tambahan. Tentukan tanggal alternatif perjalanan dan cek ketersediaan tiket secara berkala.

PT KAI akan menambah kereta tambahan bila kereta reguler untuk mudik lebaran ini sudah habis, jadi kamu perlu bersabar untuk melakukan pencarian tiket.

3. Tentukan waktu mudik yang pas

Jadwal mudik kamu berhubungan dengan pencarian tiket kereta lebaran, karena berlaku H-90 perjalanan. Kamu bisa baca jadwal pembelian dan keberangkatan lebaran disini Kabar Gembira, Pemesanan Tiket Lebaran Mulai 14 Februari.

4. Pastikan koneksi internet stabil

Karena pencarian tiket kereta mudik lebaran akan berebut dengan jutaan calon penumpang lain, maka kamu harus siapkan koneksi internet yang cepat dan stabil untuk kemudahan dalam pembelian tiket. Pembelian secara online di TiketKAI bisa melalui website www.tiketkai.com, aplikasi TiketKAI Mobile dan browser mobile m.tiketkai.com

5. Pemesanan melalui TiketKAI.com selaku channel resmi PT KAI, pasti untung

TiketKAI.com telah menjadi partner resmi sejak Juni 2012 dan masih setia melayani pembelian tiket kereta secara online. Ada banyak cashback di TiketKAI untuk pembelian tiket lebaran, pasti untung.

6. Bayarkan tiket kereta segera

Kamu hanya punya waktu 45 menit untuk segera melakukan pembayaran tiket kereta melalui channel pembayaran TiketKAI seperti: transfer ATM BCA, BNI, BNI virtual account, BRI virtual account, CIMB Clicks, BCA KlikPAY, kartu kredit Visa/MasterCard, mini market Indomaret dan Alfamart atau agen Toko Modern FASTPAY.

Semakin cepat kamu bayar semakin cepat mendapatkan kode booking tiket kereta mudik lebaran, atau kode pembayaran kamu berakhir dan sia-sia pencarian tiket kereta mudik lebaran kamu.

Nah, tips di atas dapat kamu gunakan untuk pencarian tiket kereta mudik lebaran, jangan sampai ketinggalan dan kehabisan.

 

Teguh Hartono

Back to top